Senin, 08 Agustus 2016

Tugas 2 PAK







Daftar Isi


BAB I  Mengenal Aplikasi Komputer Akuntansi...........................................     2
BAB II Mengoprasikan Aplikasi Komputer Akuntansi Pada Perusahaan Dagang                 ........................................................................................................................              4
BAB III Mengentri Bukti Transaksi kedalam MYOB.....................................     7
BAB IV Mengentri Transaksi Penyesuaian.....................................................     10
BAB V Menyajkan Dan Mencetak Laporan Keuangan...................................     11

DAFTAR PUSTAKA
















BAB I
MENGENAL APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI

a.     PENGERTIAN APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI
Komputerisasi akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan (Soemarso, 1986).
Dari banyaknya aplikasi computer akuntansi,  MYOB Accounting merupakan salah satu software yang umum dan cukup populer digunakan di Indonesia. Software ini juga biasanya digunakan oleh sekolah untuk mengajar pelajaran sistem informasi akuntansi (SIA). Ada beberapa hal yang menjadikan lembaga pendidikan mengunakan MYOB Accounting(Suryana, 2006).
  1. User Friendly (mudah digunakan)
  2. Tingkat keamanan (security) yang cukup valid untuk setiap user
  3. Kemampuan explorasi, semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses eksport/impor file, yang merepotkan.
  4. Kemampuan trash back ke source document dan source transaksi
  5. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasi
  6. Menampilkan laporan keuangan komparasi serta analisa laporan keuangan dalam bentuk grafik.
  7. Sudah teruji dibeberapa Negara maju dan berkembang lainnya.
Ø  Manfaat dan keuntungan dari komputerisasi akuntansi adalah    :
  1. Dapat menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
  2. Pencegah kekeliruan karena tingkat ketelitian dan fokus dari komputer lebih tinggi.
  3. Mengingkatkan efisiensi
  4. Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
  5. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
  6. Menambah efisieansi kerja di bagian keuangan
  7. Meningkatkan sharing knowledge.
b.     PERBEDAAN ANTARA AKUNTANSI MANUAL & KOMPUTERISASI
Perbedaan mendasar antara proses akuntansi dengan manual dan komputerisasi dapat diikhtisarkan sebagai berikut       :
Manual                 :
  • Semua pekerjaan mulai dari proses pencatatan hingga pengikhtisaran dilakukan oleh tangan manusia
  • Unsur manusia memegang peranan penting dalam menjalankan proses akuntansi
  • Kecermatan dan ketepatan waktu dalam mencatat data keuangan dan penyajian laporan keuangan merupakan issue yang kritis
  • Perlu pemisahan antara petugas yang mempersiapkan buku harian, jurnal dan buku besar

Komputerisasi     :
  • Hanya melibatkan proses dengan tangan manusia dalam kegiatan key-in transaksi ( mencatat dokumen bisnis ) kedalam media komputer.
  • Kecermatan dan ketepatan waktu pencatatan dan penyajian informasi keuangan terjamin oleh komputer
  • Unsur yang paling kritis adalah program komputer yang dipergunakan dalam memproses kegiatan akuntansi. Issue G.I.G.O ( Garbage In Garbage Out ), kehandalan hardware, muncul dalam komputerisasi.















BAB II
MENGOPRASIKAN APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN DAGANG

Diperlukan suatu aplikasi akuntansi yang mampu mempermudah perusahaan dagang melakukan sistem akuntansi-nya (Lubis, 2011). Aplikasi yang akan dibuat dalam penelitian ini dilengkapi dengan fitur kustomisasi sehingga memungkinkan usaha dagang semua level untuk menggunakannya. Aplikasi yang dihasilkan nantinya yang dapat di-setting sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan saat awal pengimplementasiannya dengan fleksibel.
METODE PERSEDIAAN, Terdapat 2 metode persediaan, yaitu                :

 1. Sistem Perpetual

Pada sistem perpetual, semua kenaikan dan penurunan barang dagang dicatat dengan cara yang sama dengan pencatatan kenaikan penurunan kas. Akun persediaan pada awal periode menunjukkan stok pada tanggal tersebut. Pembelian dicatat dengan mendebet persediaan barang dagang dan mengkredit kas atau utang usaha. Pada tanggal penjualan, harga pokok barang dagang yang terjual dicatat dengan mendebet harga pokok penjualan dan mengkreditpersediaan barang dagang.

2. Sistem Periodik

Dalam metode ini, hanya pendapatan yang dicatat setiap penjualan dilakukan. Tidak ada ayat jurnal yang dibuat pada penjualan untuk mencatat harga pokok penjualan. Pada akhir periode perhitungan fisik harus dilakukan untuk menentukan biaya atau harga pokok persediaan dan harga pokok penjualan.
METODE ALIRAN BIAYA PERSEDIAAN , Terdapat tiga asumsi pencatatan aliran biaya persediaan barang dagang, yaitu ]            :
1.      First-in first-out (FIFO)
Pada metode ini, barang yang pertama dibeli dianggap sebagai barang yang pertama kali pula dijual. Harga pokok barang dagang pada laporan laporan laba rugi diasumsikan adalah harga pokok barang yang dibeli pertama kali.
2.      Last-in first-out (LIFO)
Pada metode ini, barang yang terakhir dibeli dianggap sebagai barang yang pertama kali dijual. Harga pokok barang adalah sama dengan barang yang terakhir dibeli.
3.      Average
Pada metode ini, harga pokok barang dagang yang berbeda-beda tanggal pembeliannya dirata-rata untuk mendapat harga pokok yang tercatat pada laporan laba rugi.

A.    Mensetting  Data Baru  Perusahaan   
1.      buka softe myob versi 18
2.      muncul welcome to myob accounting, pilih create a new company file >> Next
3.      muncul new company file assistant (masukan data perusahaan sesuai soal)
            Muncul menu accounting information (atur tahun transaksi, bulan tutup buku, bulan transaksi, jumlah bulan dalam satu tahun.

B.     Membuat  Dan Memindahkan Daftar Akun Dari Ms.Excel
1.      buka software Ms.excel
2.      ketik Data akun ( Account Number, Account Name, Header, Balance, account Type)
            Simpan file (file >> save as ) , file disimpan dalam bentuk *.txt.
3.      Pindahkan Daftar Akun ( File >> Import Data >> accounts >> account information >> update        existing record >> continue)
4.      Cari file daftar akun yg telah anda buat (Open >> match all >> import >> OK)
5.      pindahkan daftar akun ( Accounts pada command centre >> account List)
C.     Mensetting Link Pajak (PPN)
1.      List >> Tax codes
2.      Hapus Free – GST Free (Edit>>Delete Tax Code)
3.      Pilih GST – Good & Service Tax >> Edit
4.      Ubahlah pajak sesuai dengan ketentuan.

D.    Mensetting Linked Account
1.      Pilih Setup >> Linked Accounts >> Accounts & Banking Accounts
2.      Lalu ubah akun Undeposited Funds menjadi Cash In Bank >> Ok.
3.      Ubah dan atur Linked account Sales Accounts dan Purchase Accounts.
E.     Mengedit Daftar Akun Baru
1.      Accounts >> Accounts List.
2.      Klik tanda (        ) pada akun yang akan di hapus, lalu pilih menu Edit >> Delete Account >> OK.
Ada beberapa akun yang harus disesuaikan, yaitu     :
a. Retained Earning
b. Current Year Earnings
F.      Mengisi Neraca Saldo
1.      Abaikan saldo normal Debit dan Kredit.
2.      Pilih Setup >> Balances >> Account Opening Balances.
3.      Klik OK.
4.      Perlakuan khusus akun pada Account Opening Balances adalah       :
Ø  Untuk akun kelompok Asset, yang merupakan akun kontra adalah Allowance for Bad Debts & Account Depreciation, sehingga input saldo diberi tanda (-) sebelum angka saldo.
Ø  Untuk akun kelompok Liability dan Equity  adalah Drawings & Dividend,
Ø  Untuk kelompok Income adalah Sales Return & Sales Discount.
Ø  Untuk kelompok Cost of Sales adalah Return & Purchase Discount.


G.    Membat Daftar Pelanggan
1.      Pilih Card File >> Card List >> Customer >> New.
2.      Isi data pelanggan sesuai dengan soal, untuk membuat data pelanggan berikutnya, klik new. Ulangi sampai data pelanggan seesai dimaskkan. Setelah selesai klik OK.


H.    Membuat Daftar Pemasok
1.      Pilih Card File >> Card List >> Supplier >> New.
2.      Isi data pelanggan sesuai dengan soal, untuk membuat data pelanggan berikutnya, klik new. Ulangi sampai data pelanggan seesai dimaskkan. Setelah selesai klik OK.
































BAB III
MENGENTRI BUKTI TRANSAKSI KE DALAM
 PROGRAM MYOB Versi 18
            Pertama Anda harus membuka jendela Comman Centre. Langkah-langlah membuka jendela tersebut sebagai berikut (Suciono, 2008):
1.      Double click program MYOB versi 18 di dekstop. Pilih Open your company file. Cari file yang akan dibuka kemudian klik Open → Ok
2.      Selanjudnya akan muncul jendela. Pilih I want to activate my company file later → Continue → Ok
Mengentri data pada bukti-bukti transaksi :
·         Penjualan kredit (Faktur Copy)
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
Sales ÞEnter Sales Þ hilangkan tanda pada tax inclusive Þ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item Þ Klik tanda       untuk mengubah Term menjadi n/30Þisi ship dengan jumlah barang Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos angkut Þ tekan tab Þ record
·         Pembelian kredit
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
purchase Þ enter purchase Þ hilangkan tanda pada tax inclusive Þ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item Þ isi ship dengan jumlah barang Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos angkut Þ tekan tab Þ record
·         Penjualan tunai (Faktur)
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
number dengan nama barang Þ isi price dengan harganyaÞ isi freight apabila ada ongkos angkut Þ isi paid today dengan jumlah uang yang diterima (apabila tunai seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada balance due) Þ record.
·         Pembelian tunai
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
purchase Þ enter purchase Þ hilangkan tanda pada tax inclusive Þ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item Þ isi ship dengan jumlah barang Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos angkut Þ isi paid today dengan jumlah uang yang diterima (apabila tunai seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada balance due) Þ record.
·         Retur atas pembelian kredit
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
purchase Þ enter purchase Þ hilangkan tanda pada tax inclusive Þ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item Þ isi ship dengan jumlah barang {awali dengan tanda (-)}Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos angkut Þ tekan tab Þ record. Setelah direcord, klik register Þ klik returns & credits Þ klik apply to purchase Þ isi tanggal returnya Þ record
·         Retur atas penjualan kredit
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
sales Þ enter sales Þ hilangkan tanda pada tax inclusive Þ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item Þ isi ship dengan jumlah barang {awali dengan tanda (-)} Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos angkut Þ tekan tab Þ record. Setelah direcord, klik register Þ klik returns & credits Þ klik apply to sale Þ isi tanggal returnya Þ record
·         Retur atas penjualan tunai
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
sales Þ enter sales Þ hilangkan tanda pada tax inclusiveÞ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item Þ isi ship dengan jumlah barang {awali dengan tanda (-)}Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos angkut Þ tekan tab Þ record. Setelah direcord, klik register Þ returns & credits Þ klik pay refund Þ isi tanggal retur Þ record.
·         Retur atas pembelian tunai
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
purchase Þ enter purchase Þ hilangkan tanda pada tax inclusive Þ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item Þ isi ship dengan jumlah barang {awali dengan tanda (-)} Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos angkut Þ tekan tab Þ record. Setelah direcord, klik register Þ returns & credits Þ klik receive refund Þ isi tanggal retur Þ record.
·         Penerimaan piutang
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
sales Þ receive payment Þ isi customer Þ isi nomor bukti pada ID Þ isi tanggal pada date Þisi jumlah pada amount receive Þ klik amount applied Þ tekan tab Þ record.

·         Penerimaan kas selain penerimaan piutang
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
Banking Þ receive money Þ hilangkan tanda tax inclusive Þ pilih jenis kas penerima pada bagian account Þ isi payor dengan nama pihak yang membayar Þ isi nomor bukti Þ isi tanggal Þ isi jumlah yang dibayar pada amount received Þisi acct dengan akun kreditnya Þ isi jumlahnya pada amount Þ record.
·         Pembayaran Utang
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
Purchase Þ Paybills Þ Account diisi dengan akun Cas in Bank Þ pilih nama Supplier Þ isi Cheque No. ,Date,dan Amount Þ klik kolom Amound Applied tekan Tab Þ kolom Out of Balance harus menunjukkan angka Rp0,00 Þ record
·         Pengeluaran kas selain pelunasan utang
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
Banking Þ spend money Þ hilangkan tanda tax inclusive Þ pilih jenis kas yang akan dikeluarkan pada bagian account Þ isi payee dengan nama pihak yang dibayar Þ isi nomor cek Þ isi tanggal Þisi jumlah yang dibayar pada amount Þ isi acct dengan akun debitnya Þ isi jumlahnya pada amount Þ record.
·         Voucher Kas Kecil
Langkah-langkah mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
Banking Þ spend money Þ account terisi petty cashÞ isi Cheque No.,Date, Amount Þ isi memo Þ isi kolom Acct #Þ tekan tab dua kali Þ record







BAB IV
MENGENTRI TRANSAKSI PENYESUAIAN

A.    MENGENTRINTRANSAKSI PENYESUAIAN REKENING KORAN
Langkah-langkah mengentri transaksi penyesuaian rekening koran sebagai berikut :
Account Þ Record journal entry Þ isi nomor buktu,tanggal, dan memo Þ klik kolom Acct # (untuk memilih akun yang akan digunakan) Þ pilih akun dengan menggunakan Use account Þ masukkan angka jurnal penyesuaian Þ total debit sama dengan total credit Þ record
B.     MENGENTRI TRANSAKSI PENYESUAIAN SEMUA ASET LANCAR
Langkah-langkah mengentri transaksi penyesuaian semua aktiva lancar sebagai berikut
Account Þrecord journal entry Þ isi nomor bukti, tanggal, dan memeo Þ klik kolom Acct # Þ pilih akun dengan mengeklik Use Account Þ masukkan angka jurnal penyesuaian Þ pastikan total debit sama dengan total credit Þ record
C.     MENGENTRI TRANSAKSI PENYESUAIAN PENYUSUTAN dan EXPENSE PAYABLE
Langkah-langkah mengentri transaksi penyesuaian penyusutan dan expense payable
Account Þ record journal entry Þ isi nomor bukti, tanggal, dan memeo Þ klik kolom Acct # Þ pilih akun dengan mengeklik Use Account Þ masukkan angka jurnal penyesuaian Þ pastikan total debit sama dengan total credit Þ record
D.    MENGENTRI TRANSAKSI PENYESUAIAN PAJAK
     Langkah-langkah mengentri transaksi penyesuaian pajak :
Account Þ record journal entry Þ isi nomor bukti, tanggal, dan memeo Þ klik kolom Acct # Þ pilih akun dengan mengeklik Use Account Þ masukkan angka jurnal penyesuaian Þ pastikan total debit sama dengan total credit Þ record
Langkah-langlah untuk melihat selisih antara VAT In dan VAT out :
Reports Þ GTS/Sales Tax Þ Tax Information Reconciliation (Detail) Þ Customize Þ Disply
Langkah-langkah  mengetahui laba sebelum pajak :
Report Þ Accounts Þ profit & loss accrual Þ customise Þ Dated from January to Desember Þ Display Þ Close

BAB V
MENYAJIKAN DAN MENCETAK LAPORAN KEUANGAN

·         Menampilkan dan mencetak neraca
Langkah-langkah untuk menampilkan dan mencetak neraca sebagai berikut :
 reports Þ accounts Þ pada balance sheet pilih standard balance sheet Þ display Þ print Þ pilih printer Þ tentukan banyak rangkap Þ OK
·         Menampilkan dan mencetak laporan laba rugi
Langkah-langkah untuk menampilkan dan mencetak laporan laba rugi sebagai berikut :
 reports Þ accounts Þ profit & lost (accrual) Þ display Þ print Þ pilih printer Þ tentukan banyak rangkap Þ OK
·         Menampilkan dan mencetak laporan arus kas
Langkah-langkah untuk menampilkan dan mencetak laporan arus kas :
reports Þ banking Þ statement of cash flow Þ display Þ print Þ pilih printer Þ tentukan banyak rangkap Þ OK (Soemantri, 1994)













DAFTAR PUSTAKA
Lubis, I. (2011). Buku Spektrum Akuntansi Standar Kompetensi Mengoprasikan Komputer. Tangerang.
Soemantri, H. (1994). Akuntansi Keuangan. Bandung: Armico.
Soemarso. (1986). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: FEUI.
Suciono, B. (2008). Modul MYOB Accounting Versi 18. Jakarta: Bina Menteng Raya Perdana.
Suryana, R. (2006). Komputerisasi Akuntansi Dengan MYOB. Bandung: Informatika.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar