Daftar Isi
BAB I
Mengenal Aplikasi Komputer Akuntansi........................................... 2
BAB II Mengoprasikan Aplikasi
Komputer Akuntansi Pada Perusahaan Dagang ........................................................................................................................ 4
BAB III Mengentri Bukti Transaksi
kedalam MYOB..................................... 7
BAB IV Mengentri Transaksi
Penyesuaian..................................................... 10
BAB V Menyajkan Dan Mencetak
Laporan Keuangan................................... 11
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
MENGENAL APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI
a. PENGERTIAN APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI
Komputerisasi
akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi
untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi
dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan (Soemarso,
1986).
Dari banyaknya aplikasi computer
akuntansi, MYOB Accounting merupakan salah satu software yang umum dan cukup populer
digunakan di Indonesia. Software ini juga biasanya digunakan oleh sekolah untuk
mengajar pelajaran sistem informasi akuntansi (SIA). Ada beberapa hal yang
menjadikan lembaga pendidikan mengunakan MYOB Accounting(Suryana,
2006).
- User Friendly (mudah digunakan)
- Tingkat keamanan (security) yang cukup valid untuk setiap user
- Kemampuan explorasi, semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses eksport/impor file, yang merepotkan.
- Kemampuan trash back ke source document dan source transaksi
- Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasi
- Menampilkan laporan keuangan komparasi serta analisa laporan keuangan dalam bentuk grafik.
- Sudah teruji dibeberapa Negara maju dan berkembang lainnya.
Ø Manfaat dan keuntungan dari komputerisasi akuntansi adalah :
- Dapat menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
- Pencegah kekeliruan karena tingkat ketelitian dan fokus dari komputer lebih tinggi.
- Mengingkatkan efisiensi
- Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
- Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
- Menambah efisieansi kerja di bagian keuangan
- Meningkatkan sharing knowledge.
b. PERBEDAAN ANTARA AKUNTANSI MANUAL & KOMPUTERISASI
Perbedaan mendasar antara proses akuntansi
dengan manual dan komputerisasi dapat diikhtisarkan sebagai berikut :
Manual :
- Semua pekerjaan mulai dari proses pencatatan hingga pengikhtisaran dilakukan oleh tangan manusia
- Unsur manusia memegang peranan penting dalam menjalankan proses akuntansi
- Kecermatan dan ketepatan waktu dalam mencatat data keuangan dan penyajian laporan keuangan merupakan issue yang kritis
- Perlu pemisahan antara petugas yang mempersiapkan buku harian, jurnal dan buku besar
Komputerisasi :
- Hanya melibatkan proses dengan tangan manusia dalam kegiatan key-in transaksi ( mencatat dokumen bisnis ) kedalam media komputer.
- Kecermatan dan ketepatan waktu pencatatan dan penyajian informasi keuangan terjamin oleh komputer
- Unsur yang paling kritis adalah program komputer yang dipergunakan dalam memproses kegiatan akuntansi. Issue G.I.G.O ( Garbage In Garbage Out ), kehandalan hardware, muncul dalam komputerisasi.
BAB II
MENGOPRASIKAN APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN DAGANG
Diperlukan
suatu aplikasi akuntansi yang mampu mempermudah perusahaan dagang melakukan
sistem akuntansi-nya (Lubis, 2011). Aplikasi yang akan dibuat
dalam penelitian ini dilengkapi dengan fitur kustomisasi sehingga memungkinkan usaha dagang semua level
untuk menggunakannya. Aplikasi yang dihasilkan nantinya yang dapat di-setting sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan perusahaan saat awal pengimplementasiannya dengan fleksibel.
METODE PERSEDIAAN, Terdapat 2
metode persediaan, yaitu :
1. Sistem Perpetual
Pada sistem
perpetual, semua kenaikan dan
penurunan barang dagang dicatat dengan cara yang sama dengan
pencatatan kenaikan penurunan kas. Akun persediaan pada awal periode menunjukkan stok pada
tanggal tersebut. Pembelian dicatat dengan mendebet persediaan barang dagang dan mengkredit kas atau
utang usaha. Pada tanggal penjualan, harga pokok barang dagang yang terjual dicatat dengan mendebet
harga pokok penjualan dan mengkreditpersediaan barang dagang.
2. Sistem Periodik
Dalam
metode ini, hanya pendapatan yang dicatat setiap penjualan dilakukan. Tidak ada ayat jurnal yang dibuat pada
penjualan untuk mencatat harga pokok penjualan. Pada akhir periode perhitungan fisik harus dilakukan
untuk menentukan biaya atau harga pokok persediaan dan harga pokok penjualan.
METODE
ALIRAN BIAYA PERSEDIAAN , Terdapat tiga asumsi pencatatan aliran
biaya persediaan
barang dagang, yaitu ] :
1. First-in first-out (FIFO)
Pada metode ini, barang yang
pertama dibeli dianggap sebagai barang yang pertama kali pula dijual.
Harga pokok barang dagang pada laporan laporan laba rugi diasumsikan adalah harga pokok barang yang
dibeli pertama kali.
2.
Last-in first-out
(LIFO)
Pada metode ini, barang yang
terakhir dibeli dianggap sebagai barang yang pertama kali dijual. Harga pokok
barang adalah sama dengan barang yang terakhir dibeli.
3. Average
Pada metode ini, harga pokok
barang dagang yang berbeda-beda tanggal pembeliannya dirata-rata untuk
mendapat harga pokok yang tercatat pada laporan laba rugi.
A.
Mensetting Data Baru Perusahaan
1.
buka softe myob versi 18
2.
muncul welcome to myob accounting, pilih create a new company file
>> Next
3.
muncul new company file assistant (masukan data perusahaan sesuai soal)
Muncul
menu accounting information (atur tahun transaksi, bulan tutup buku, bulan
transaksi, jumlah bulan dalam satu tahun.
B.
Membuat Dan Memindahkan Daftar
Akun Dari Ms.Excel
1.
buka software Ms.excel
2.
ketik Data akun ( Account Number, Account Name, Header, Balance, account
Type)
Simpan
file (file >> save as ) , file disimpan dalam bentuk *.txt.
3.
Pindahkan Daftar Akun ( File >> Import Data >> accounts
>> account information >> update existing record >> continue)
4.
Cari file daftar akun yg telah anda buat (Open >> match all
>> import >> OK)
5.
pindahkan daftar akun ( Accounts pada command centre >> account
List)
C.
Mensetting Link Pajak (PPN)
1.
List >> Tax codes
2.
Hapus Free – GST Free (Edit>>Delete Tax Code)
3.
Pilih GST – Good & Service Tax >> Edit
4.
Ubahlah pajak sesuai dengan ketentuan.
D.
Mensetting Linked Account
1.
Pilih Setup >> Linked Accounts >> Accounts & Banking
Accounts
2.
Lalu ubah akun Undeposited Funds menjadi Cash In Bank >> Ok.
3.
Ubah dan atur Linked account Sales Accounts dan Purchase Accounts.
E.
Mengedit Daftar Akun Baru
1.
Accounts >> Accounts List.
2.
Klik tanda (
) pada akun yang akan di hapus, lalu pilih menu Edit >> Delete
Account >> OK.
Ada beberapa akun yang harus disesuaikan,
yaitu :
a. Retained Earning
b. Current Year Earnings
F.
Mengisi Neraca Saldo
1.
Abaikan saldo normal Debit dan Kredit.
2.
Pilih Setup >> Balances >> Account Opening Balances.
3.
Klik OK.
4.
Perlakuan khusus akun pada Account Opening Balances adalah :
Ø Untuk akun kelompok Asset, yang merupakan
akun kontra adalah Allowance for Bad Debts & Account Depreciation, sehingga
input saldo diberi tanda (-) sebelum angka saldo.
Ø Untuk akun kelompok Liability dan
Equity adalah Drawings & Dividend,
Ø Untuk kelompok Income adalah Sales Return
& Sales Discount.
Ø Untuk kelompok Cost of Sales adalah Return
& Purchase Discount.
G.
Membat
Daftar Pelanggan
1.
Pilih
Card File >> Card List >> Customer >> New.
2.
Isi
data pelanggan sesuai dengan soal, untuk membuat data pelanggan berikutnya,
klik new. Ulangi sampai data pelanggan seesai dimaskkan. Setelah selesai klik
OK.
H.
Membuat
Daftar Pemasok
1.
Pilih
Card File >> Card List >> Supplier >> New.
2.
Isi
data pelanggan sesuai dengan soal, untuk membuat data pelanggan berikutnya,
klik new. Ulangi sampai data pelanggan seesai dimaskkan. Setelah selesai klik
OK.
BAB III
MENGENTRI BUKTI
TRANSAKSI KE DALAM
PROGRAM MYOB Versi 18
Pertama
Anda harus membuka jendela Comman Centre. Langkah-langlah membuka jendela
tersebut sebagai berikut (Suciono, 2008):
1.
Double click
program MYOB versi 18 di dekstop. Pilih Open your company file. Cari file yang
akan dibuka kemudian klik Open → Ok
2.
Selanjudnya akan muncul jendela. Pilih I want to activate
my company file later → Continue → Ok
Mengentri data pada bukti-bukti transaksi :
·
Penjualan kredit (Faktur Copy)
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
Sales ÞEnter Sales Þ hilangkan tanda pada tax
inclusive Þ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara
klik layout, pilih item Þ Klik tanda untuk mengubah Term menjadi n/30Þisi ship dengan jumlah barang Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos
angkut Þ tekan tab Þ record
·
Pembelian kredit
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
purchase Þ enter purchase Þ hilangkan tanda
pada tax inclusive Þ pilih customernya Þ isi tanggal
transaksi Þ ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item Þ isi ship dengan
jumlah barang Þ isi item number dengan nama
barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos
angkut Þ tekan tab Þ record
·
Penjualan tunai (Faktur)
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
number dengan nama barang Þ isi price dengan
harganyaÞ isi freight apabila ada ongkos angkut Þ isi paid today
dengan jumlah uang yang diterima (apabila tunai seluruhnya, maka isi sesuai
jumlah yang ada pada balance due) Þ record.
·
Pembelian tunai
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
purchase Þ enter
purchase Þ hilangkan tanda pada tax inclusive Þ pilih customernya Þ isi
tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara klik layout, pilih item Þ isi ship
dengan jumlah barang Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi
freight apabila ada ongkos angkut Þ isi paid today dengan jumlah uang
yang diterima (apabila tunai seluruhnya, maka isi sesuai jumlah yang ada pada
balance due) Þ record.
·
Retur atas pembelian kredit
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
purchase Þ enter purchase Þ hilangkan tanda pada tax
inclusive Þ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara
klik layout, pilih item Þ isi ship dengan
jumlah barang {awali dengan tanda (-)}Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos
angkut Þ tekan tab Þ record. Setelah direcord, klik
register Þ klik returns &
credits Þ klik apply to purchase
Þ isi tanggal
returnya Þ record
·
Retur atas penjualan kredit
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
sales Þ enter sales Þ hilangkan tanda pada tax
inclusive Þ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara
klik layout, pilih item Þ isi ship dengan
jumlah barang {awali dengan tanda (-)} Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos
angkut Þ tekan tab Þ record. Setelah direcord, klik
register Þ klik returns &
credits Þ klik apply to sale
Þ isi tanggal
returnya Þ record
·
Retur atas penjualan tunai
Langkah-langkah mengentri bukti
transaksi sebagai berikut :
sales Þ enter sales Þ hilangkan tanda pada tax
inclusiveÞ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara
klik layout, pilih item Þ isi ship dengan
jumlah barang {awali dengan tanda (-)}Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos
angkut Þ tekan tab Þ record. Setelah direcord, klik
register Þ returns &
credits Þ klik pay refund Þ isi tanggal retur Þ record.
·
Retur atas
pembelian tunai
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
purchase Þ enter purchase Þ hilangkan tanda pada tax
inclusive Þ pilih customernya Þ isi tanggal transaksi Þ ganti layout item dengan cara
klik layout, pilih item Þ isi ship dengan
jumlah barang {awali dengan tanda (-)} Þ isi item number dengan nama barang Þ isi price dengan harganya Þ isi freight apabila ada ongkos
angkut Þ tekan tab Þ record. Setelah direcord, klik
register Þ returns &
credits Þ klik receive
refund Þ isi tanggal retur Þ record.
·
Penerimaan piutang
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
sales Þ receive payment Þ isi
customer Þ isi nomor bukti pada ID Þ isi
tanggal pada date Þisi
jumlah pada amount receive Þ klik
amount applied Þ tekan
tab Þ record.
·
Penerimaan kas selain penerimaan
piutang
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
Banking Þ receive money Þ
hilangkan tanda tax inclusive Þ pilih
jenis kas penerima pada bagian account Þ isi
payor dengan nama pihak yang membayar Þ isi
nomor bukti Þ isi tanggal Þ isi
jumlah yang dibayar pada amount received Þisi acct
dengan akun kreditnya Þ isi
jumlahnya pada amount Þ record.
·
Pembayaran Utang
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
Purchase Þ Paybills Þ Account diisi dengan akun Cas in Bank Þ pilih
nama Supplier Þ isi Cheque No. ,Date,dan Amount Þ klik
kolom Amound Applied tekan Tab Þ kolom
Out of Balance harus menunjukkan angka Rp0,00 Þ record
·
Pengeluaran kas selain pelunasan
utang
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
Banking Þ spend money Þ
hilangkan tanda tax inclusive Þ pilih
jenis kas yang akan dikeluarkan pada bagian account Þ isi payee dengan nama pihak yang dibayar Þ isi
nomor cek Þ isi tanggal Þisi
jumlah yang dibayar pada amount Þ isi acct
dengan akun debitnya Þ isi
jumlahnya pada amount Þ record.
·
Voucher Kas Kecil
Langkah-langkah
mengentri bukti transaksi sebagai berikut :
Banking Þ spend money Þ account terisi petty cashÞ isi Cheque No.,Date, Amount Þ isi memo Þ isi kolom Acct #Þ tekan tab dua kali Þ record
BAB IV
MENGENTRI TRANSAKSI
PENYESUAIAN
A.
MENGENTRINTRANSAKSI PENYESUAIAN REKENING KORAN
Langkah-langkah
mengentri transaksi penyesuaian rekening koran sebagai berikut :
Account Þ Record journal entry Þ isi nomor buktu,tanggal, dan
memo Þ klik kolom Acct #
(untuk memilih akun yang akan digunakan) Þ pilih akun dengan menggunakan Use account Þ masukkan angka jurnal
penyesuaian Þ total debit sama
dengan total credit Þ record
B.
MENGENTRI TRANSAKSI PENYESUAIAN SEMUA ASET LANCAR
Langkah-langkah
mengentri transaksi penyesuaian semua aktiva lancar sebagai berikut
Account Þrecord journal entry Þ isi nomor bukti, tanggal, dan
memeo Þ klik kolom Acct # Þ pilih akun dengan mengeklik Use
Account Þ masukkan angka
jurnal penyesuaian Þ pastikan total
debit sama dengan total credit Þ record
C.
MENGENTRI TRANSAKSI PENYESUAIAN PENYUSUTAN dan EXPENSE
PAYABLE
Langkah-langkah
mengentri transaksi penyesuaian penyusutan dan expense payable
Account Þ record journal entry Þ isi nomor bukti, tanggal, dan
memeo Þ klik kolom Acct # Þ pilih akun dengan mengeklik Use
Account Þ masukkan angka
jurnal penyesuaian Þ pastikan total
debit sama dengan total credit Þ record
D.
MENGENTRI TRANSAKSI PENYESUAIAN PAJAK
Langkah-langkah mengentri transaksi
penyesuaian pajak :
Account Þ record journal entry Þ isi nomor bukti, tanggal, dan
memeo Þ klik kolom Acct # Þ pilih akun dengan mengeklik Use
Account Þ masukkan angka
jurnal penyesuaian Þ pastikan total
debit sama dengan total credit Þ record
Langkah-langlah untuk melihat
selisih antara VAT In dan VAT out :
Reports Þ GTS/Sales Tax Þ Tax Information Reconciliation
(Detail) Þ Customize Þ Disply
Langkah-langkah mengetahui laba sebelum pajak :
Report Þ Accounts Þ profit & loss accrual Þ customise Þ Dated from January to Desember Þ Display Þ Close
BAB V
MENYAJIKAN DAN MENCETAK LAPORAN KEUANGAN
·
Menampilkan dan mencetak neraca
Langkah-langkah untuk menampilkan dan mencetak neraca sebagai berikut :
reports Þ accounts
Þ pada balance sheet pilih standard balance sheet Þ display Þ print Þ pilih printer Þ tentukan
banyak rangkap Þ OK
·
Menampilkan dan mencetak laporan
laba rugi
Langkah-langkah untuk menampilkan dan mencetak laporan laba rugi sebagai
berikut :
reports Þ accounts
Þ profit & lost (accrual) Þ display Þ print Þ pilih printer Þ tentukan
banyak rangkap Þ OK
·
Menampilkan dan mencetak laporan arus
kas
Langkah-langkah untuk menampilkan dan mencetak laporan arus kas :
reports Þ banking Þ statement of cash flow Þ display Þ print Þ pilih printer Þ tentukan
banyak rangkap Þ OK (Soemantri,
1994)
DAFTAR PUSTAKA
Lubis, I. (2011). Buku Spektrum Akuntansi Standar
Kompetensi Mengoprasikan Komputer. Tangerang.
Soemantri, H. (1994). Akuntansi
Keuangan. Bandung: Armico.
Soemarso. (1986). Akuntansi
Suatu Pengantar. Jakarta: FEUI.
Suciono, B. (2008). Modul
MYOB Accounting Versi 18. Jakarta: Bina Menteng Raya Perdana.
Suryana, R. (2006). Komputerisasi
Akuntansi Dengan MYOB. Bandung: Informatika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar